Bahas Keagamaan, Bantuan Sosial dan Kesiapsiagaan Bencana

Berita, Sumsel150 Dilihat

Palembang, KabarMuba.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi VIII DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Marwan Dasopang beserta rombongan.

Kunjungan ini dalam rangka Rapat Pengawasan Terhadap Program Keagamaan, Penyaluran Bantuan Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Serta Kesiapsiagaan Bencana yang diadakan di Griya Agung Palembang, Senin (15/7/2024).

Dalam pertemuan tersebut, PJ Gubernur Elen Setiadi menyampaikan bahwa perekonomian Sumatera Selatan menunjukkan kinerja yang baik.

Pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,05%, sedangkan Sumatera Selatan mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,08%.

Angka ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Sumsel lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Lebih lanjut, Elen Setiadi juga memaparkan bahwa garis kemiskinan di Sumatera Selatan mengalami penurunan yang signifikan pada Maret 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari 1,04 juta jiwa atau 11,78% turun menjadi 984 ribu orang atau 10,97%. Penurunan ini menunjukkan bahwa 61 ribu jiwa atau 0,81% telah berhasil keluar dari jerat kemiskinan.

Elen Setiadi juga menjelaskan mengenai upaya Pemprov Sumsel dalam pencegahan banjir, longsor, dan bencana alam lainnya.

Untuk memperkuat kesiapsiagaan, Pemprov Sumsel akan mempercepat Apel Siaga Penanggulangan Bencana yang akan dilaksanakan pada Jumat 19 Juli 2024.

Pada kesempatan tersebut, Elen Setiadi mengharapkan dukungan dan saran dari Komisi VIII DPR RI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Marwan Dasopang menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Pemprov Sumsel dan menyatakan bahwa Kunker ini bertujuan untuk berdiskusi dan mencari solusi terkait permasalahan yang ada.

Sebagai bentuk dukungan, BNPB menyerahkan bantuan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024 dengan total nilai setara Rp 6.522.734.000.

Selain itu, Kementerian Sosial juga menyerahkan Bantuan Sosial dalam Kegiatan Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI pada Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Provinsi Sumatera Selatan dengan total bantuan sebesar Rp 1.005.447.187.724. (*/rls)

Komentar