Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Kecamatan Lais Gelar Musrembangcam

Muba1617 Dilihat

Lais, KM-Kecamatan Lais Kabupaten Musi Bany­u­a­sin (Muba) mela­ks­an­akan Musyawarah Pere­ncanaan Pemba­ngu­nan kecamatan (Musrenbangcam) un­tuk program kegiatan tahun 2025 dengan tema menin­gkatkan dayasaing daerah didukung SDM berkualitas dan pelayanan publik yang bersih”, diruang aula ka­n­tor camat Lais, Selasa (6/2/24).

Hadir dalam kesempat­­­an itu, anggota DP­RD Muba H Ah­m­adi SE, Camat La­is Marsopi SKM MM, Perwakilan Kap­ol­s­ek Lais , Babinsa, perwakilan DP­MD Muba , Bappeda Muba , Perwakilan OP­D Muba, Dinas kesehatan Muba, Korwil Dikbud Laris , kepala Sekolah, serta kepala desa dan sekretaris desa, BPD sekecamatan Lais, TP- PKK, PT Medco,PTPN 7.

Dalam kesempatan itu, camat Lais Marsopi SKM MM mengatakan, kegiatan mus­ren meru­pakan ajang menampung aspirasi yang dija­ring pemerintah desa, diajukan pada musr­en keca­matan dan na­ntinya dibahas pada musrenbang kabupaten. Dirinya juga memin­ta agar setiap usulan dilampirkan data pendukung.

Marsopi berharap prio­ritas utama untuk kecamatan Lais adalah akses jalan Desa Danau Cala yang terputus akibat banjir, akses jalan Tanjung Agung Timur yang putus di beberapa titik akibat banjir, pembangunan jalan menuju pompes Darusalam 7, dan ja­lan Purwosari, pembangunan Puskesdes dan pustu, serta PDAM menuju desa Tanjung Agung Selatan.

Sementara, H Ahmadi mengatakan Musrenbang sebagai forum resmi yang dis­iapkan menampung asp­irasi masyarakat sup­aya memperoleh akses kebijakan pengangga­ran pembangunan sesu­ai kebutuhan masyara­kat.

“20­­24 angaran sudah di­s­ahkan, tahun ini kecamatan Lais me­ndapat angga­ran pemb­angunan cuk­up be­sar,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan agar pemerintah kabupaten Musi Banyua­sin dapat merealisasikan semua usulan baik untuk peningkatan SDM, kesehatan,mengentaskan kemiskinan maupun pembangunan infras­truktur yang ada dal­am kecamatan Lais.

Berbagai usulan dise­rap dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah usulan dari kepala de­sa Danau Cala terkait pe­mbangunan jalan yang putus akibat banjir , usulan pembangunan jalan desa Tanjung Agung Timur yang di usulkan Kepala Desa Tanjung Agung Timur Hermanto Dani, Pembangunan menuju desa Purwosari, pembangunan dalam desa Tanjung Agung Selatan, termasuk pemasang­an pdam di desa Tanjung Agung Selatan. Untuk pembangunan jalan yang di lalui perusahaan harus turut serta melakukan pembangunan, dan menerima pekerja khusus nya dalam wilayah kecamatan Lais.

Kepala Bappeda Muba mel­alui kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Agus mengatakan Musrenbang sesuai dengan undang undang bahwa sebagai persipatif dari bawah. Oleh karena itu keterlibatan stake holder harus hadir, memperhatikan aspirasi masyarakat dan kebetulan Muba sistemnya sudah e-Planing efektif, efisien, tepat sasaran, “waktunya harus jelas kapan harus mengusulkan, kapan selesai sehingga bisa mencapai target indikator RPJM nya pak Bupati,” jelasnya.

Dikatakannya, usulan usulan yang masuk ini / yang disampaikan akan ditampung semua. Aspirasi aspirasi yang masuk ini akan di bawah dalam Musrenbang kabupaten Musi Banyuasin.(Eggy) 

Komentar