Pj Bupati Apriyadi Berhasil Buat Sejarah untuk Guru di Lalan

Muba1869 Dilihat

MUBA,KM- Ratusan guru dari jenjang PAUD-SMA di Kecamatan Lalan bisa plong dan riang gembira. Pasalnya, kini guru yang berada di kawasan perairan itu dibangunkan Pusat Belajar Guru (PBG) yang dipusatkan di Desa Bandar Agung dan Rabu (7/2/2024) diresmikan langsung oleh Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Pantauan di lokasi tampak ratusan guru dengan antusias menyambut kedatangan Pj Bupati Apriyadi Mahmud yang juga Mantan Kadisdikbud Muba.

Betapa tidak, Keberadaan PBG di Lalan tersebut menorehkan sejarah dan ini merupakan mimpi guru di Lalan yang direalisasikan Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

“Ini sejarah bagi guru di Lalan, dan pak Bupati Apriyadi mengabulkan impian kami yang dinanti sejak puluhan tahun lalu,” ungkap salah satu guru di Lalan, Sigit saat menerima Kunjungan Kerja Pj. Bupati Dalam Rangka Peresmian PBG Kecamatan Lalan di Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan.

Menurutnya, guru di Lalan tak perlu jauh-jauh lagi mendapatkan pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidik.

“Kalau selama ini kami harus ke Sekayu atau ke Palembang untuk mendapatkan pelatihan dan harus rela merogoh kocek besar. Nah, sekarang sudah ada PBG kami minta agar pelatihan untuk guru di Lalan semuanya dipusatkan di PBG ini,” tegasnya.

Ia menambahkan, sejak Muba dipimpin Pj Bupati Apriyadi Mahmud setidaknya ada 14 bangunan sekolah yang ditingkatkan fasilitasnya dan sangat membuat nyaman guru dan peserta didik.

“Kami sangat bangga punya Bupati seperti pak Apriyadi yang sangat konsen dengan pendidikan dan meningkatkan fasilitas sarana prasarana sekolah di Lalan,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengaku inisiatif Pemkab Muba melalui Disdikbud Muba untuk mendirikan PBG di Kecamatan Lalan karena perihatin dengan keluhan guru di Lalan yang selama ini kerap kali curhat karena harus jauh untuk mengikuti pelatihan.

“Alhamdulillah saat ini bangunan PBG ini sudah bisa dipakai dan semoga dapat meningkatkan mutu dan kualitas tenaga pendidik di Kecamatan Lalan,” harapnya.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya itu menambahkan, saat ini di Muba sudah ada dua PBG yakni diantaranya berada di Kecamatan Sekayu dan Lalan.

“Kita juga berharap imbas dari adanya PBG ini tidak hanya meningkatkan mutu dan kualitas guru saja tetapi juga berdampak untuk peningkatan kualitas pendidikan peserta didik di Lalan,” tandasnya.

Lanjutnya, terkait kesejahteraan guru dirinya akan memprioritaskan secara bertahap alih status guru honor menjadi guru PPPK. “Kuota PPPK untuk guru akan jadi prioritas dan hal tersebut memang dirasa sangat perlu demi kesejahteraan guru di Muba,” pungkasnya.(Eggy) 

Komentar