Pj Bupati Apriyadi Resmikan Dua Gedung MUI dan PCNU di Muba

Muba2104 Dilihat

SEKAYU,KM- Diketahui dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Muba merupakan Kabupaten pertama dan bakal menjadi pelopor karena sudah membangunkan sebuah kantor resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga gedung untuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Muba.

Peresmian dua gedung mewah ini sangat di apresiasi oleh Ketua MUI Sumsel dan Wakil Ketua Umum PWNU Sumsel. Yang dilaksanakan, Selasa (6/2/2024) bertempat di samping Masjid Raya Baitul Makmur Sekayu – Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu.

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud mengatakan, dengan telah di resmikannya gedung MUI dan gedung PCNU ini, keberadaannya diharapkan bisa meningkatkan dan mengefektifkan peran NU dan MUI serta memantapkan komitmen NU dan MUI dalam memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Muba. Gedung yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk berdiskusi yang representatif agar dapat memunculkan inovasi-inovasi baru yang dikembangkan PCNU dan MUI dalam bidang keagamaan.

“Karena baru di Kabupaten Muba yang memiliki kantor resmi MUI. Mari kita manfaatkan semaksimal mungkin kehadiran gedung ini. Saya sangat berharap, dengan adanya gedung MUI dan PCNU akan menambahkan semangat serta membangkitkan perkembangan edukasi dan lainnya yang mampu meningkatkan perkembangan umat muslim, melahirkan para Da’i dan Penceramah yang handal di Kabupaten Muba,” kata Pj Bupati Muba.

Apriyadi juga mengungkapkan, Pemkab Muba akan selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Muba apalagi yang berbasis agama. “Artinya yang bersifat baik untuk mengembangkan Kabupaten Muba akan selalu kita support,”ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas PU Perkim Kabupaten Muba Muhammad Ridho ST MSi dalam laporannya menyampaikan, pembangunan 2 gedung mewah ini yaitu, gedung kantor MUI dan gedung kantor PCNU merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari Penjabat Bupati Muba bapak H Apriyadi. “Sesuai dengan apa yang diharapkan gedung yang sudah dibangunkan ini begitu megah dan tentunya akan memberikan kenyamanan untuk pengembangan umat Islam. Semoga pengurus MUI dan PCNU selalu Istiqomah, merawat gedung dengan baik dan ikhlas membantu kemaslahatan umat dengan harapan program dan kiprah NU ke depan bisa lebih maju dan semakin bermanfaat bagi masyarakat,”ulasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum MUI Provinsi Sumsel Prof Dr KH Aflatun Muchtar MA mengungkapkan, bahwa dengan dibangunkan kantor MUI di Muba merupakan catatan baru dan mungkin akan menjadi buah bibir dan masuk dalam sejarah Muba. Untuk itu diharapkan 16 Kabupaten/Kota lainnya dapat mencontoh Kabupaten Muba untuk membangun kantor MUI di tempatnya masing-masing.

“Atas capaian ini, saya ingin menyampaikan 3 apresiasi untuk Kabupaten Muba, pertama ucapan terima kasih dan apresiasi Pj Bupati Muba Apriyadi telah membantu dana untuk sertifikat halal dan alhamdulillah Pj Bupati Muba telah mendapatkan award dari MUI Sumsel. Kedua apresiasi selalu membantu dalam operasional hibah kepada MUI Musi Banyuasin, dan yang ketiga kami bersyukur dan sangat bangga. Akan kami ceritakan kepada siapa saja bahwa Kabupaten Muba telah membangunkan kantor MUI untuk pengurus MUI Muba,”tuturnya dengan penuh semangat.

Senada, Wakil Ketua Umum PWNU Provinsi Sumsel Ir H Syaifuddin Zuber juga menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya untuk pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. “Tiada kata lain, selain apresiasi dan terima kasih. Kantor yang dibangunkan oleh Pemkab Muba untuk pengurus PCNU Muba sangatlah megah. Semoga kantor ini dapat melancarkan segala program baik PCNU untuk mengembangkan umat di Muba,”tandasnya.

Turut hadir dalam acara, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Muba, Ketua Umum MUI Kabupaten Muba Drs H Thamrin Nawawi, Ketua PCNU Muba KH Ahmad Jazuli, Ketua PCNU Rois Syuriah Kabupaten Muba Kyai Mahfud Masduqi, berserta Kepala Perangkat Daerah Muba yang terkait. Sekretaris MUI Provinsi Sumsel H Mahmudin MPdi, Ketua Lembaga Dakwah PWNU Sumsel KH Isa Syakum.(Eggy) 

Komentar