SMPN 1 Betung Siap Bangun Karakter dan Banyuasin Religius

Banyuasin1413 Dilihat

BETUNG- Suara lantunan ayat suci Surat Yasin, sholawat dan doa menggema di Lapangan SMPN 1 Betung, Jumat (19/1/2024). Lantunan itu disuarakan bersama-sama semua siswa-siswi, guru hingga Satpam yang penuh khusyu’. Hal ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan dengan tujuan membangun karakter dan wujudkan Banyuasin Religius setiap hari jumat.

Ditemui wartawan ini di ruang kerja Kepala SMPN 1 Betung,  Adi Candra  S.Pd.,M.SI  mengatakan, pihaknya telah mewajibkan seluruh siswanya membaca yasin setiap hari Jumat. mulai pukul 07.00 wib sampai selesai. Hal ini sebagai bagian pendidikan karakter yang diterapkan kepada para siswa- siswi.

Ini sebagai bagian dari komitmen pihak sekolah untuk membentuk generasi berkualitas, yang menguasai ilmu (umum) dengan basis agama yang kuat. Para siswa SMPN 1 Betung  ini memang dididik untuk disiplin pada setiap kegiatan di sekolah mereka

“Kita rutin gelar yasinan setiap hari Jumat, seluruh siswa, guru,Tu dan Satpam ikut membaca yasin secara bersama-sama,pembacaan surat yasin, Asmaul Husnah, dan juga setiap bulan di isi dengan ceramah Agama  dari siswa/ Siswi yang kompeten , Guru Agama serta mendatangkan ustad penceramah agama dari luar sekolah  ” ungkap  Adi sapaan Adi Candra.

Senada diungkapkan wakil Ketua Koodinator Bidang kesiswaan sekaligus Bidang keagaman SMPN 1 Betung, Sepriansyah S.Pd bahwa kegiatan ini juga untuk membentengi anak-anak dari perbuatan yang tidak baik atau kenakalan remaja. Saat ini banyak faktor  yang bisa mempengaruhi karakter anak-anak, sehingga jika tidak dibekali dengan ilmu agama, dikhawatirkan anak-anak bisa terjerumus ke lembah hitam seperti konsumsi narkotika dan sejenisnya, perundungan atau tindak kekerasan dan kenakalan remaja lainnya.

“Pengaruh sangat mengancam para anak-anak kita, dengan adanya kegiatan agama seperti yasinan ini anak-anak dapat terhindar dari perbuatan yang negatif, seperti terlibat narkoba,” katanya.Selain itu kata Taufik SPdi MPd, Hambali, SPd, Kartika Lestari, SPd dan Ema diana SPd  selaku guru PAI, “Dengan kegiatan Yasinan bersama di hari Jum’at ini tentu akan dapat memperlancar pembacaan surat yasin itu sendiri terutama bagi siswa yang lebih mudah mengingat bacaan Al–Qur’an terutama surat Yasin ini sendiri,” ucapnya.(Eggi Shavutra)

Editor: Agus

Komentar