Tim Auditor Itwasum Polri Lakukan Audit Kinerja Polres Muratara dan Polres Lubuklinggau

Berita, Sumsel41 Dilihat

LAHAT– Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melanjutkan rangkaian Kegiatan Audit Kinerja tahap 2 yang difokuskan pada Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian, terhadap Polres-Polres Jajaran Polda Sumsel dan pada Jum’at, 25 Agustus 2023, di mulai Pukul 08.00 Wib, dengan Jadwal Polres Musi Rawas Utara (Muratara) dan Polres Lubuklinggau.

Audit Kinerja ini dilaksanakan di Polres Lahat sebagai Tuan Rumah yang bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Kinerja serta Integritas Operasional dari ke 2 (dua) Polres yang sedang diperiksa saat ini.

Dalam pembukaan kegiatan ini, Kepala Itwasum Polri, Komjen (Pol) Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., menegaskan pentingnya pelaksanaan Audit Kinerja ini sebagai bagian dari upaya menjaga Profesionalisme dan Akuntabilitas Institusi Polri. “Audit Kinerja ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus meningkatkan Pelayanan dan Efektivitas dalam menjalankan Tugas Kepolisian.

Kami ingin memastikan bahwa setiap Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polres Muratara dan Polres Lubuklinggau berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan,” ungkap Komjen Ahmad Dofiri.

Kegiatan Audit Kinerja tahap 2 ini melibatkan Tim Auditor dari berbagai Bidang Keahlian yang berasal dari Itwasum Polri. Tim Auditor ini akan secara Profesional meneliti, Mengevaluasi setiap Proses, Protokol, dan Praktik yang dilaksanakan serta diterapkan oleh Polres Muratara dan Polres Lubuklinggau dalam menjalankan Tugasnya.

Aspek-aspek yang diperiksa mencakup Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Pelaksanaan Tugas Patroli, Penanganan Kasus, Koordinasi Antar Instansi, dan Penerapan Teknologi dalam Operasional Kepolisian.

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, didampingi Kapolres Lahat, Kapolres Muratara dan Kapolres Lubuklinggau, menyambut baik pelaksanaan Audit Kinerja tahap 2 ini.

“Kami berharap hasil dari Audit Kinerja ini dapat memberikan masukan berharga bagi ke 2 (dua) Polres dalam melakukan Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat.

Keberadaan Itwasum Polri sebagai Lembaga Pengawas Internal juga merupakan bentuk Transparansi dan Akuntabilitas Polri kepada Publik,” kata Kapolda Sumsel.

Terpisah, Kasi Humas Polres Muratara AKP Baruanto saat dihubungi wartawan ini menjelaskan, kegiatan Audit Kinerja ini direncanakan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Setelah selesainya Audit Kinerja ini, Tim Auditor Itwasum akan menyusun Laporan yang berisikan Temuan, Rekomendasi, dan Saran Perbaikan untuk ke 2 (dua) Polres yang diperiksa hari ini.

Laporan tersebut nantinya akan menjadi Acuan dalam Upaya Perbaikan dan Peningkatan Kinerja Polres Muratara dan Polres Lubuklinggau.

Dengan dilaksanakannya Audit Kinerja tahap 2 ini, diharapkan bahwa Polres Muratara dan Polres Lubuklinggau dapat terus memperbaiki diri dan meningkatkan Kualitas Layanan serta Operasionalnya, sehingga dapat lebih Efektif dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Wilayahnya masing-masing.

“Giat Audit Kinerja ini selesai Jam 17.15 Wib dengan Aman Kondusip, Tertib dan Lancar,” terang mantan Kapolsek Lubuklinggau Utara ini (eggi)

Komentar