Dinkominfo Kolab Dengan BPS Segera Luncurkan Aplikasi MUBA SURVEY

Muba1894 Dilihat

SEKAYU, KM- Program inovasi dan terobosan kembali dilakukan Pemkab Muba, kali ini Dinkominfo Muba berkolabosasi bersama BPS Muba meluncurkan aplikasi berbasis android dan website MUBA SURVEY.

Diketahui, aplikasi ini adalah bagian dari inisiatif transformasi digital yang lebih luas di Muba, yang juga mencakup implementasi Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

“Aplikasi ini untuk mempermuda pendataan keluarga, potensi desa dan harga pasar yang bisa dilakukan secara offline dan online oleh operator desa serta telah terintegrasi dengan portal satu data,” ungkap Kadin Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga AP, Rabu (15/5/2024).

Dijelaskan, aplikasi ini dikembangkan sebagai bagian dari upaya digitalisasi dan peningkatan efisiensi pengumpulan data di wilayah pedesaan.

“Dengan aplikasi ini, program desa cinta statistik yang telah dilaksakan selama ini diharapkan menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga bisa mendukung kebijakan Pemkab Muba,” urainya.

Lanjutnya, Inisiatif ini merupakan bagian dari berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemkab Muba untuk mendukung Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI), dijelaskan bahwa SDI merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

“Serta untuk mendukung program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Muba, yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan public,” jelas Lingga.

Ia menambahkan, uji coba Aplikasi Muba Survey ini sebagai alat bantu untuk pendataan desa cinta statistik dan hari ini kita baru ujicoba untuk 6 desa. “Dan nantinya rencana di bulan Juni tahun 2024 ini Aplikasi Muba Survey akan digunakan dan diterapkan oleh seluruh desa/keluarahan di Kabupaten Musi Banyuasin,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin, Trio Wira Dharma SST MM mengatakan dengan adanya aplikasi Muba Survei ini, BPS Muba sangat terbantu.

“Kami sangat berterima kasih atas komitmen dan support pemerintah daerah Kabuapten Musi Banyuasin dalam mendukung program Desa Cantik ini,” ungkap Trio.

Ia juga menambahkan pihaknya bersama Dinkominfo Muba sejak awal melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap operator desa cinta statistic sekabupaten Musi Banyuasin. “Semoga kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif persoalan tata kelola data di Muba,dan kami BPS Siap untuk terus melakukan pendampingan untuk mewujudkan data yang akurat dan update berdasarkan data data yang diperlukan serta dapat dipertanggung jawabkan ” tandasnya.(Eggy) 

Komentar