Alami Musibah Banjir Warga Muba dihimbau Jaga Kesehatan dan Keselamatan

Muba2032 Dilihat

SANGA DESA,KM – Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi meninjau lokasi banjir sekaligus menyalurkan bantuan sembako kepada warga di Desa Ulak Embacang Kecamatan Sanga Desa, Rabu (17/1/2024).

Dengan mendayung perahu sampan dalam kunjungan tersebut Pj Bupati Apriyadi menyambangi satu persatu rumah warga terdampak banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan, sehingga air Sungai Musi dan anak sungai lainnya meluap.

Kehadiran Pj Bupati Apriyadi juga didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi beserta sejumlah kepala perangkat daerah dan Forkompinda Muba.

Disela peninjauan ia menyampaikan keprihatinan atas musibah banjir yang dialami masyarakat Muba.

“Hati-hati dan sabar karena ini ujian. Jaga kesehatan dan keselamatan, terutama anak-anak harus dipantau jangan sampai menimbulkan musibah lainnya,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini kondisi di Desa Ulak Embacang sudah terkepung banjir, akses jalan darat dan listrik juga terputus.

“Hari ini kita bawa 250 karung beras kapasitas lima kilo, kedepan akan kita tambah lagi beserta air bersih dan kebutuhan masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Muba bersama Polres Muba, dan Kodim 0401 Muba telah mendirikan tempat pengungsian korban banjir yang rumahnya tidak bisa ditempati, serta posko kesehatan dan dapur umum.

“Untuk warga yang rumah tidak bisa ditempati harus diungsikan, kita buat posko dan dapur umum. Selain itu kita siapkan fasilitas pemerintah lainnya sebagai tempat pengungsi,” tandasnya.

Camat Sanga Desa Hendrik mengatakan saat ini korban terdampak banjir di Kecamatan Sanga desa kurang lebih 15.000 KK, sementara untuk Desa Ulak Embacang berjumlah 362 KK.

“Terimakasih kepada Pak Pj Bupati hari ini membawa bantuan untuk masyarakat kami terutama kepada warga Ulak Embacang yang memang sangat membutuhkan perhatian kita. Saat ini kondisi kondisi ketinggian air di sana sudah mencapai rata-rata 5 meter,” pungkasnya.

Hadir dalam peninjauan tersebut diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan dr Azmi Dariusmansyah MARS, Kepala Dinas Sosial Muba Ardiansyah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP, Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan, Plt Kepala Dinas PMD Muba Erdian Syahri, Kapolsek Sanga Desa Iptu. Nasirin SH, Danramil 401-02/Babat Toman Kapten Infanteri Suhartono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ali Badri, dan Kedes Ulak Embacang Nur Aidin.(Eggy) 

Komentar