Personil Gabungan Polres Muba Tutup 33 Titik Penyulingan Minyak Ilegal

Muba971 Dilihat

MUSI BANYUASIN,KM- Sebanyak 33 titik lokasi ilegal refinery ( penyulingan minyak ilegal) di desa Serekah Kecamatan Babat Toman, pada hari Jumat (29/12/2023) telah dilakukan penutupan secara mandiri.

Kegiatan diawasi oleh 100 personil gabungan Polres Muba, Polsek Babat Toman, Koramil Babat Toman Satpol PP dan pihak pemerintahan desa Serekah yang dipimpin langsung oleh Kabag ops Polres Muba Kompol M. Ali Asri SH didampingi oleh Kasat Reskrim Akp. Bondan Try Hoetomo STK.SIK.MH. dan Kapolsek Babat Toman Akp. Rama Yudha SH.

Kapolres Muba Akbp. Imam Safii Sik. Msi. melalui Kabag Ops Kompol M. Ali Asri. SH saat disela-sela kegiatannya menjelaskan bahwa pada hari ini kami datang ke lokasi Ilegal refinery yang ada di desa Serekah untuk melakukan penertiban penutupan secara mandiri tempat penyulingan minyak ilegal atau ilegal refinery.

Kegiatan penutupannya sendiri dilakukan secara mandiri oleh masing-masing pemilik tempat penyulingan minyak yang pelaksanaannya kami awasi, dan selain melakukan pengawasan kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat pemilik dan pekerja Ilegal refinery untuk tidak lagi melakukan kegiatan ini, karena selain melanggar undang-undang terutama undang-undang Migas, merugikan negara , juga merusak lingkungan yang ada. Jelasnya.

Kegiatan ini terus akan kami lanjutkan hingga tidak ada lagi kegiatan Ilegal refinery di Muba ini, dan dalam hal penertiban pada prinsipnya kami tetap mengedepankan pendekatan persuasif, dimana kami mengharapkan adanya kesadaran masing-masing pemilik daripada ilegal refinery untuk melakukan penutupan secara mandiri, namun kalau hal tersebut tidak bisa dilaksanakan, dengan sangat terpaksa kami akan melakukan tindakan penegakan hukum. Ujar Kabag ops.

Terpantau dilapangan satu demi satu tempat ilegal refinery dilakukan penutupan secara mandiri oleh masing-masing pemiliknya, sedangkan tim yang memantau atau mengawasi dibagi dua tim, sehingga dalam satu hari tersebut sebanyak 33 titik tempat ilegal refinery berhasil ditutup secara mandiri.

Kegiatan selesai sekira pukul 16.00 wib, berjalan dalam keadaan aman terkendali. (ES).

Komentar