Resmi Operasional, Warga Muba Bisa Buat Paspor di Sekayu

Muba807 Dilihat

SEKAYU,KM- Warga Bumi Serasan Sekate kini tak perlu repot lagi ke Palembang untuk mengurus pembuatan dan perpanjangan Paspor. Senin (18/12/2023) siang, secara resmi ex Rumah Dinas Camat Sekayu Muba dialifungsikan oleh Pj Bupati Apriyadi Mahmud dengan membuka Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas 1 TPI Palembang di Kabupaten.

Grand Opening Kantor UKK Imigrasi Kelas 1 TPI Palembang ini dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera Selatan Ilham Djaya.

“Ini merupakan bentuk keseriusan kita dalam mewujudkan pembangunan yang tidak hanya berorientasi terhadap fisik infrastruktur saja, tetapi pelayanan terhadap kemudahan untuk mendapat akses keimigrasian turut kita wujudkan,” ujar Apriyadi dalam sambutannya.

Pj Bupati Muba menyebutkan, kehadiran UKK Imigrasi adalah hasil kerja keras serta bukti sinergitas yang baik antara Pemerintah Pusat Kementerian Hukum dan HAM dengan Pemerintah Kabupaten Muba. Sekaligus sebagai bukti bahwa pemerintah selalu hadir dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik.

Dikatakannya, UKK yang dibangun di ex Rumah Camat Sekayu itu berfungsi memberikan pelayanan keimigrasian bagi WNI berupa pembuatan dan perpanjangan masa berlaku Paspor dan bagi WNA untuk izin tinggal keimigrasian sekaligus pengawasan terhadap orang asing.

“Semoga dengan adanya UKK Imigrasi ini pelayanan keimigrasian dapat dilaksanakan dengan cepat kepada masyarakat di Kabupaten Muba dan sekitarnya,” tandas Pj Bupati Muba.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Sumsel Ilham Djaya mengapresiasi atas komitmen tinggi Pj Bupati Muba untuk menghadirkan UKK Imigrasi.

Menurutnya orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate tersebut merupakan sosok yang visioner yang telah mengetahui dampak positif UKK Imigrasi terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih atas kolaborasi seperti ini, Alhamdulillah sudah disiapkan semua, mulai dari lahan kantor, sarana dan prasarana serta SDM nya. Mudah-mudahan apa yang dapat kami kerjasamakan dengan Pemkab Muba ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Muba dan sekitarnya,” pungkasnya.

Hadir dalam acara itu diantaranya, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel Filianto Akbar, Kepala Bagian Program dan Pelaporan Dadan Gunawan, Koordinator Kerjasama Herawan Sukoaji, Kepala Kantor Imigrasi Palembang Mohammad Ridwan, Kepala Kantor Imigrasi Serang Hasrullah, Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Azwar Anas, Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Miswan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Sekayu Yosef Leonard Sihombing, Plh Pj Sekda Muba Andi Wijaya Busro, Kepala DPMPTS Muba Riki Junaidi, serta jajaran kepala perangkat daerah Kabupaten Musi Banyuasin.(Eggy) 

Komentar