Dinas PU BM Mura Berupaya Wujudkan Misi Infrastruktur Jalan dan Jembatan Berkualitas dan Merata

Berita, Utama22 Dilihat

MUSI RAWAS-Bumi Serasan Sekantenan slogan dari Kabupaten Musi Rawas. Kabupaten ini merupakan salah satu di Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki 14 kecamatan, terdiri dari 186 desa dan 13 kelurahan. Wilayah yang luas itu diperlukan infrastruktur jalan dan jembatan yang baik.
“Infrastruktur yang baik menunjang aktivitas sosial dalam masyarakat,” kata Kepala Dinas PU BM Kabupaten Musi Rawas Alawiyah ST MM melalui sekretarisnya, belum lama ini.
Dalam pemerataan infrastruktur yang berkualitas dengan berwawasan lingkungan, sambung dia, Pemkab Musi Rawas melalui Dinas PU BM Musi Rawas berupaya mewujudkan misi tersebut dengan menjalankan program prioritas pembangunan dan peningkatan kualitas jalan kabupaten. “Kita berupaya meningkatkan jalan mantap kabupaten dan konektivitas antar wilayah dengan baik,” jelasnya.
Keseriusan dalam mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang baik terus diupayakan Dinas PU BM Musi Rawas. Hal ini dibuktikan dengan melaksanakan program penanganan infrastruktur setiap tahunnya, melalui Kapasitas rehabilitas jalan dan pembangunan jembatan beberapa wilayah. “Ini akan meningkatkan kinerja jalan pada kawasan Sentra produksi pangan dan daerah pariwisata,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, upaya pemerataan peningkatan dan pembangunan infrastruktur mulai terlihat sesuai intruksi Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud. Pada tahun 2021, kondisi mantap jalan mencapai 73,36 persen naik signifikan pada tahun 2022, menjadi 80,52 persen. “Kita harapkan pembangunan jalan dan jembatan dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat, memperlancar arus logistik dan mempermudah akses wilayah terutama daerah yang terjauh,” tambahnya.

Sementara Cik Mas, salah seorang warga Megang Sakti mengakui, sejak kepemimpinan Bupati Mura Hj Ratna Machmud dan Wakil Bupati Hj Suwarti, kondisi infrastruktur jalan mantap makin baik dan mulus. Meskipun masih ada jalan yang belum dibangun, tapi hal itu wajar karena pembangunan tidak bisa sekaligus namun secara bertahap. Untuk itu, 9 program Bupati dan Wakil Bupati Mura khususnya pemerataan pembangunan infrastruktur berkualitas dengan wawasan lingkungan harus didukung agar segera terwujud sesuai harapan.”Beberapa tahun lalu sepanjang jalan penghubung antara Kecamatan Sumber Harta sampai Desa Megang Sakti V banyak mengalami kerusakan,” ungkapnya. (Jhoni)

Komentar