Didatangi Pj Bupati Apriyadi, Mang Yanto Pegiat Seni Ngadu Sakit yang Diderita

Muba26 Dilihat

SEKAYU,KM- Berjalan kaki sekitar 200 meter menyusuri gang sempit di Jalur 2 Kayuara tampak Pj Bupati Apriyadi Mahmud menorobos gerimis hujan pada Rabu (12/4/2023) pagi.

Rupanya Pj Bupati Apriyadi Mahmud tersebut mengunjungi salah satu pegiat seni atau musisi asal Sekayu yakni Mang Yanto (Herianto) (63) yang saat ini mengidap tumor di bagian otak yang mengharuskan dirinya tidak bisa lagi bermain musik.

Pantauan di lokasi, saat Pj Bupati Apriyadi Mahmud mendatangi kediamannya rupanya Mang Yanto sedang membersihkan sawah milik tuan rumah bedeng yang saat ini dihuninya, menunggu sekitar 15 menit Mang Yanto akhirnya pulang ke kediamannya.

“Saya membersihkan sawah milik tuan rumah bedeng ini pak Bupati, Alhamdulillah bisa sewa gratis. Walaupun badan sudah tidak sehat lagi, tetapi harus cari nafkah untuk keluarga,” ungkap Mang Yanto kepada Pj Bupati Apriyadi.

Yanto menceritakan, sejak satu tahun belakang dirinya seringkali sakit di bagian kepala hingga akhirnya diperiksa ke dokter divonis tumor otak. “Saya kalau sakit kepala harus makan obat sakit kepala bodrex enam butir sekaligus, sudah itu baru bisa reda,” bebernya.

Ia mengaku, sakit yang dideritanya harus operasi untuk di rujuk ke Palembang. “Saya belum mau berobat ke Palembang pak,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Yanto ia tinggal bersama empat anak dan satu orang istri. “Anak saya masih ada satu yang sekolah SMP, sejak sakit sakitan ini saya tidak lagi bermain musik, karena fisik sudah tidak kuat lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud terkejut dengan pengakuan Mang Yanto untuk meredakan sakit kepala harus makan obat warung enam butir sekaligus. “Ini jangan diteruskan lagi, harus makan obat pemberian dari dokter, dan harus dirujuk ke Palembang untuk berobat,” tegas Apriyadi.

Pj Bupati Apriyadi mengatakan, Mang Yanto merupakan pegiat seni senior dan kondisinya saat ini menderita sakit yang membuat dirinya sulit beraktifitas. “Jadi saya sengaja datang kesini karena dapat laporan kondisi beliau saat ini sakit-sakitan,” ucapnya.

“Ada bingkisan sembako untuk lebaran dan sedikit uang untuk Mang Yanto, kami berharap Mang Yanto segera berobat ke Palembang karena sudah tercover BPJS dan biaya sudah ditanggung Pemerintah agar ada penanganan medis secara langsung,” pungkasnya.(Eggy) 

Komentar