Pj Bupati H Apriyadi Apresiasi Tim Gerak Cepat Bantu Korban Angin Puting Beliung

Muba122 Dilihat

BAYUNG LENCIR,KM- Bencana angin puting beliung menerjang Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, pada Selasa (4/4/2023) malam.

Akibat peristiwa itu, lima rumah mengalami rusak berat dan lima rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Sosial dan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah bergerak cepat dan tanggap, pihaknya sudah menurunkan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Tim BPBD Muba untuk membantu warga terdampak puting beliung di wilayah tersebut.

“Menindaklanjuti laporan warga melalui Emergency Call 112 atas kejadian Angin Puting Beliung dan Laporan Warga Ke OPD adi soa dan BPBD dan Atas instruksi Pak Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi kita sudah membantu evakuasi korban, dan sebagai bentuk perhatian kita berikan 10 paket sembako untuk 10 KK yang terdampak puting beliung,” kata Kepala Dinas Sosial Muba Ardiansyah SE MM.

Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan SE ATD MM menuturkan berdasarkan informasi yang dihimpun, angin puting beliung yang disertai dengan petir itu menerbangkan berbagai benda disekitarnya. Bahkan membuat sejumlah pohon berukuran besar tumbang dan menimpa rumah warga. Beruntung, dalam kejadian yang membuat warga mengalami kepanikan itu, tidak menimbulkan korban jiwa.

“Menindaklanjuti laporan bahwa telah terjadi angin puting beliung/angin kencang yang terjadi di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bayung Lencir . Tim kita langsung berangkat kelokasi kejadian dan melakukan pemantauan dan pendokumentasikan bersama Tim Gabungan, dan memberikan paket bantuan kepada warga yang terdampak. Saat ini cuaca extreme kita menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini, warga sekitar dibantu Pemerintah Desa bergotong royong memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan. “Sedangkan bahan bangunannya, untuk sementara dibantu oleh Forkopimcam Bayung Lencir dan Pemerintah Desa,” beber Pathi Riduan.

Di kesempatan lain, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi, mengapresiasi dan terimakasih kepada Forkopimcam Kecamatan Bayung Lencir yang langsung tanggap turun kelapangan dan Tim BPBD bersama Dinas Sosial yang telah sigab memberikan bantuan sosial bagi warga terdampak bencana.

“Kita mengucapkan syukur tidak ada korban jiwa. Di agar kita semua tetap waspada dengan cuaca extrem saat ini. Dan kepada seluruh perangkat daerah terkait kita wajib terus siaga apabila ada bencana menimpa, dan harus bergerak cepat membantu warga yang terdampak,” tegas Pj Bupati muba Apriyadi.

Sementara itu, salah satu korban Sujadi mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas Respon cepat Pemkab Muba tanggap darurat dan bantuan, dari Pemkab Muba melalui Tagana Dinsos dan BPBD Muba telah kami terima

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Muba. Semoga kejadian ini tak terulang kembali,” pungkasnya.

Adapun rumah yang terkena puting beliung mengalami Rusak parah yakni atas nama Hj.nurhayati, Alamsyah, Suginto, Erlan, dan Untung, sementara yang rusak ringan, Samudin Lubis, Sujadi, Sulaiman, Suripto, dan Seman.(Eggy) 

Komentar